Menambah fungsi Geotagging dan menghilangkan suara pada kamera Xperia X1

Geotagging adalah proses menambahkan identifikasi geografis metadata untuk berbagai media seperti foto, video, website, atau RSS feed dan merupakan bentuk metadata geospasial. Data ini biasanya terdiri dari koordinat lintang dan bujur, meskipun mereka dapat juga mencakup ketinggian, bantalan, akurasi data, dan nama tempat.

Geotagging dapat membantu pengguna menemukan berbagai informasi spesifik lokasi. Misalnya, orang dapat menemukan gambar yang diambil di dekat lokasi tertentu dengan memasukkan koordinat lintang dan bujur ke mesin pencari gambar dengan geotagging. Mesin pencari dengan geotagging juga dapat secara potensial dapat digunakan untuk mencari berita berbasis lokasi, situs web, atau sumber daya lain. Geotagging dapat memberitahukan pengguna lokasi isi dari suatu gambar atau media lain, dan sebaliknya pada beberapa media platform (seperti Google Earth) untuk menunjukkan media yang relevan dengan lokasi tertentu.

Pada kamera standar Xperia X1 tidak memiliki fasilitas tersebut, namun ada driver yang mampu membuat kamera X1 bisa memiliki kemampuan geotagging, cukup download file dari XperiaCamera_R3__R27-35059_.cab dari sini, kopi ke memory card dan jalankan filenya.

Setelah selesai intalasinya, maka pada menu kamera akan terdapat lambang gps dan juga ada pengaturan untuk automatic flash yang tidak terdapat pada menu kamera sebelumnya

berikut adalah salah satu contoh hasil kamera X1 saya setelah diupdate driver kameranya

Foto dengan x1

dan berikut adalah hasil properties dari gambar tersebut serta letak lokasinya geo

Kelemahan yang saya temui adalah kameranya tidak bisa di set tanpa suara (doh) , dalam artian suara ketika mengambil gambar tidak bisa dibuat mati, hal ini sangat mengganggu saya, bisa sih dengan cara mengaktifkan mode diam atau getar, namun kadang ketika perlu mengambil gambar secara cepat merepotkan juga jika harus mengganti-ganti profil.

Satu cara yang mudah saya temukan adalah merubah nama file sounds dalam folder deviceprogram filesxperiacameraresources , ubah menjadi sound backup dan jalankan kamera, maka kamera akan diam tanpa suara

Saya tidak bertanggung jawab atas kesalahan upgrade, mohon baca hati-hati dan pelajari dengan cermat sebelum memulai langkah-langkah upgradenya

sumber:
http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=499154

http://www.xperiax1.net/forum/developers-downloads/3263-xperia-x1-camera-upgrade-r27-35059-auto-flash-geotagging.html

2 thoughts on “Menambah fungsi Geotagging dan menghilangkan suara pada kamera Xperia X1

  1. bakalan nyambung dan teraplikasi klo ai punya Xperia. But anw tulisan lo dan nambah lagi bang, gue belum ada inspirasi lagi nie … tek tik tok ..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *