PC mungil yang (lumayan) bertenaga

Review dikit ah buat yang lagi nyari atau pengen tau soal MINI PC.. Beberapa hari yang lalu saya merakit sebuah mini PC, dengan konfigurasi Intel Atom 330 dual core 1,6Ghz, Ram 1Gb, HDD 160Gb. Prosesornya ga bisa diganti karena disolder dengan motherboardnya, Slot Ram hanya satu dengan maksimum memory 2Gb, dan hanya memiliki 2 slot SATA tanpa slot IDE. Grafiknya onboard GMA950 dengan satu slot PCI untuk ekspansi periferal lain. Setelah diinstal XP dan beberapa program office kemudian dicoba memutar film biasa lancar, film HD gambarnya patah-patah, buat maen game berat dikit kaya NFS berat juga, udah gitu suara kipas casingnya ternyata brisik banget.. Lalu tenaga dan kelebihannya dimana ya??

PC Mungil ini didesain untuk sekedar mengetik, mendengarkan lagu, browsing-browsing chat dan lainnya. Kelebihannya adalah daya yang diperlukan sangat-sangat kecil hanya butuh power supply 65 Watt, jadi sangat hemat listrik, namun ini juga berpengaruh dari casing yang digunakan, kalo salah pilih bisa berisik kaya milik saya.. Kemudian Harganya juga relatif terjangkau dengan biaya dibawah 3 juta sudah bisa dapat komputer lengkap dengan LCD monitor yang juga hemat daya, cocok digunakan untuk perkantoran yang hanya butuh program office atau bisa juga untuk solusi warnet. Dimensinya yang mungil hanya memerlukan sedikit ruang sehingga cocok bersanding dengan LCD monitor yang tipis.

DSC_0033

Perbandingan Ukuran dengan Ponsel

Salah satu kelebihan lain menurut saya adalah mudah diinstall OSX distro Iatkos v.7. Sistem operasi tersebut berjalan lancar, dan semua drivernya dapat terinstall. Namun karena Ram terpasang hanya 1Gb sedikit lambat dalam menjalankan beberapa aplikasi sekaligus.

    9 thoughts on “PC mungil yang (lumayan) bertenaga

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *